Artikel

Rabu, 21 Mei 2014

"MENGUBAH KETERBATASAN MENJADI KELEBIHAN"


Oleh: Nur Bintang*

Nasehat untuk diriku sendiri...

Di sekitar kita terkadang menemukan sebuah peristiwa perjuangan hidup yang mampu menggugah hati. Perjuangan orang-orang yang dianggap memiliki keterbatasan namun dapat mengubah keterbatasan tersebut menjadi sebuah kelebihan. Setiap langkah perjuangan tidak semuanya diawali dengan jalan mudah. Butuh proses perjalanan yang berliku-liku untuk untuk mencapai keberhasilan yang diimpikannya. Penolakan dan ejekan sehari-hari dari komunitas anda dapat menjadi cambuk bagi diri sendiri untuk merebut kemenangan.

Coba anda bertanya dalam hati mengenai hal apa yang menjadi kekurangan anda selama ini. Kekurangan anda sebagai manusia dalam hal ini bisa dikaitkan dari segi aspek kesehatan, emosi, motivasi, atau semangat. Jika anda sebagai manusia dilahirkan secara normal dan utuh sudah sepatutnya anda berdo’a mengucapkan rasa syukur terima kasih kepada Tuhan atas karunia-Nya karena masih banyak orang-orang di luar sana yang dilahirkan tidak seberuntung yang anda dapatkan dari Tuhan tetapi hebatnya mereka bisa mengolah keterbatasan itu menjadi daya nilai lebih sehingga dapat memeroleh kesuksesan. Mereka adalah sosok-sosok pejuang hidup yang berhasil mengalahkan keangkuhan dunia.

Anda bisa mengetuk hati diri sendiri dengan belajar dari perjalanan hidup orang-orang besar dunia yang hidup dalam keterbatasan namun kini berhasil meraih sukses. Pelajari sikap hidup dari mereka seperti perjuangan Mark Zuckerberg pendiri situs jejaring sosial fenomenal “facebook” yang ternyata adalah seorang penderita buta warna sebagian (parsial), Neil Herbisson, seorang penderita buta warna total merupakan pendiri “Cyborg Foundations” sebuah yayasan nirlaba yang banyak membantu penyandang difabel untuk menjadi manusia robot, Stevie Wonder seorang penyandang tuna netra yang sukses menjadi penyanyi jazz terkenal di Amerika, Stephen Hawking seorang fisikawan dunia yang harus rela hidup dengan bantuan kursi roda dan masih banyak lagi tokoh-tokoh inspiratif lainnya. Mereka semua adalah beberapa contoh manusia super yang di tengah keterbatasan hidupnya namun mampu menaklukkan dunia.

Bagaimanakah sikap-sikap positif yang perlu dikembangkan agar kita dapat merubah keterbatasan menjadi sebuah kelebihan? Berikut ini adalah tipsnya.
1.      Jadikan ejekan sebagai sebuah pujian
2.      Tentukan passion dalam diri anda
3.      Berikan kontribusi karya anda kepada orang di sekitar
4.      Yakin bahwa anda dilahirkan untuk menjadi sukses
5.      Bersyukurlah atas segala nikmat yang diberikan oleh Tuhan

Sikap-sikap positif di atas bisa anda kembangkan dan terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Mereka dalam kondisi keterbatasan saja mampu menaklukkan dunia tetapi mengapa anda yang terlahir normal berkata tidak bisa? Yakin akan potensi anda maka keterbatasan akan sirna.[]

*Nur Bintang adalah seorang pengamat sosial dan budaya.

1 komentar:

  1. Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Rosnida zainab asal Kalimantan Timur, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil, dan disini daerah tempat saya mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali, bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya, anda bisa Hubungi Bpk Drs Tauhid SH Msi No Hp 0853-1144-2258. siapa tau beliau masih bisa membantu anda, Wassalamu Alaikum Wr Wr ..

    BalasHapus