Artikel

Rabu, 21 Mei 2014

"JANGAN TAKUT PERUBAHAN!"


Oleh: Nur Bintang*


Nasehat untuk diriku sendiri...

Pernahkan anda dihadapkan kepada ketakutan terhadap suatu hal perubahan yang baru? Suatu aktifitas rutin dan monoton yang biasa anda lakukan dengan asyik, nyaman dan tenang namun seketika harus berubah total karena suatu hal yang sangat mendesak. Siapapun manusia jika dia hidup dalam lingkungan zona nyaman yang cenderung tidak memberikan tantangan rangsangan produktivitas berpikir untuk meraih suatu hal positif dalam hidupnya maka sama saja dengan membunuh daya mentalitas diri orang tersebut secara bertahap.

Percayakah anda jika seekor tikus yang sering dilakukan tes uji coba oleh para ilmuwan untuk hidup dalam terowongan labirin rumit akan memiliki kecerdasan dan kegesitan gerakan akibat pergerakan aktif sel-sel motoriknya dibandingkan dengan seekor tikus yang hidup nyaman dan diam dalam kandangnya? Apa jadinya jika manusia hidup tidak memiliki inovasi untuk merubah suatu hal lama menjadi suatu hal baru dengan lebih baik? Tentu saja akibatnya peradaban dan perkembangan budaya manusia akan menjadi stagnan dan tertinggal sehingga suatu saat akan siap-siap menerima kekalahan dari zaman. Cobalah anda sekarang berpikir untuk menemukan sesuatu hal baru yang belum dipikirkan oleh orang-orang di sekitar anda sehingga dapat menjadi manfaat bagi banyak orang terutama dalam komunitas anda.

Buang rasa takut anda untuk melakukan suatu perubahan. Mantapkan dalam hati jika perubahan ini memang pantas untuk dilakukan dengan tujuan mewujudkan kehidupan anda secara lebih baik. Beranikan diri anda untuk melakukan hal-hal paling terbesar dalam sejarah hidup anda. Tarik nafas anda dalam-dalam lalu bertindaklah sekarang juga karena pergerakan hidup anda akan selalu berubah. Hari demi hari, waktu demi waktu, detik demi detik terus berjalan  maka tidak ada jalan lain selain anda harus siap berani menghadapi perubahan karena seorang pemenang itulah yang nanti akan berkawan dan mengelola perubahan hidup secara lebih baik.

Dimulai dari perubahan positif diri sendiri maka tidak ada salahnya jika perubahan positif tersebut anda tularkan ke dalam lingkungan sekitar anda. Anda bisa memulainya dari kantor perusahaan atau instansi tempat anda bekerja. Semisal, dalam lingkungan pekerjaan maka anda dapat melakukan usulan inovasi melalui penciptaan iklim budaya kerja di dalam kantor seperti pengelolaan manajemen yang lebih demokratis, kepemimpinan yang terbuka terhadap hal-hal baru, strategi baru, ide-ide baru sehingga kreativitas para pekerja termasuk anda dapat terus berkembang mengikuti kebutuhan trend saat ini. Slogan-slogan motivasi sukses mungkin tidak akan berguna jika tidak ada perubahan dan aksi nyata yang dapat dilakukan dari diri anda. Kuncinya hanya anda siap untuk berubah menjadi lebih baik atau tidak sama sekali! Anda ingin siap berubah untuk menjadi seorang pahlawan atau anda lebih memilih aman hidup tidak berubah menjadi seorang pengecut? Hanya anda sendiri yang berhak memilih dan menjawabnya. Salam sukses![]

*Nur Bintang adalah seorang pengamat sosial dan budaya.

1 komentar:

  1. Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Rosnida zainab asal Kalimantan Timur, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil, dan disini daerah tempat saya mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali, bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya, anda bisa Hubungi Bpk Drs Tauhid SH Msi No Hp 0853-1144-2258. siapa tau beliau masih bisa membantu anda, Wassalamu Alaikum Wr Wr ..

    BalasHapus