Artikel

Senin, 06 Juli 2015

"JEJAK KAKIKU DI NUNUKAN KAWASAN PERBATASAN INDONESIA-MALAYSIA"



Oleh: Nur Bintang*


Saya di depan Gedung DPRD Kabupaten Nunukan, Propinsi Kalimantan Utara

            Tidak terasa ternyata sudah hampir empat bulan diriku sudah berdinas menjalankan tugas negara di Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) di Pulau Nunukan, Kabupaten Nunukan, Propinsi Kalimantan Utara yang terletak cukup jauh di ujung pulau terluar perbatasan Indonesia-Malaysia yang berada di bawah koordinasi dan pengawasan dari lembaga non kementerian yakni Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) di Jakarta yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden Republik Indonesia. Kabupaten Nunukan memang cukup luas yang dimana daerahnya mencakup semua daratan Kalimantan Utara perbatasan antara Indonesia-Malaysia (Sabah dan Sarawak) yang biasa disebut juga sebagai "paru-paru dunia" karena masih bernuansa hutan alami. Pulau Nunukan saat ini menjadi pusat kegiatan pemerintahan daerah di seluruh Kabupaten Nunukan yang bersebelahan dengan Pulau Sebatik yang memiliki banyak lahan kelapa sawit serta sudah terbagi dua kepemilikan dari dua negara yakni Indonesia dan Malaysia.


Peta lokasi Pulau Nunukan di Kalimantan Utara yang berada di perbatasan Indonesia-Malaysia
                       
                                 Suasana di Kota Nunukan, Kalimantan Utara perbatasan Indonesia-Malaysia
             
                Saya saat melakukan edukasi penyuluhan kepada para TKI di Nunukan
            
                Rapat Paripurna bersama perwakilan instansi di gedung DPRD Nunukan
Saya saat berada di depan Kantor Bupati Nunukan, Propinsi Kalimantan Utara


            Pulau Nunukan merupakan kawasan strategis bagi para TKI. Kebanyakan para calon TKI dan TKI menganggap jika singgah datang di Nunukan akan lebih mudah untuk masuk dan bekerja di negara Malaysia yang letaknya berbatasan langsung dengan negara bagian Sabah, Malaysia Timur ini. Para TKI yang singgah dan transit selama ini di Nunukan kebanyakan berasal dari beberapa kota di Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi, Sumbawa, Flores, Lombok, Timor, hingga Kepulauan Alor di Nusa Tenggara Timur. Banyak TKI yang ingin transit menuju ke Malaysia berjuang mengadu nasib bekerja ke luar negeri di tengah keterbatasan kemampuan Pemerintah Indonesia untuk membuka lapangan kerja di dalam negeri. Untuk menuju Nunukan saat ini hanya bisa dilalui menggunakan jasa angkut transportasi udara dengan menggunakan berbagai model tipe pesawat perintis dan transportasi laut dengan menggunakan speed boat. Para TKI yang sudah melalui proses dan prosedur yang benar biasanya berangkat dari pelabuhan internasional Tunon Taka, Nunukan melalui pos imigrasi untuk kemudian berangkat menuju negara bagian Sabah dengan transit terlebih dahulu di Kota Tawau, Malaysia yang bisa dikatakan cukup maju untuk sebuah wilayah perbatasan dengan ramainya industri pabrik, tempat belanja dan area wisatanya. Masalah pengiriman deportasi TKI dari Malaysia juga sering dilakukan di pelabuhan Tunon Taka, Nunukan yang terus dikoordinasikan dengan pihak Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Kota Kinabalu dan Konsulat Republik Indonesia di Tawau sebagai perwakilan Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia di Negara Bagian Sabah, Malaysia Timur. 


Saya berada di depan kantor BP3TKI Nunukan, Propinsi Kalimantan Utara
Pelabuhan internasional Tunon Taka di Nunukan, Kalimantan Utara rute laut Indonesia-Malaysia
Nunukan bisa dikatakan adalah daerah kabupaten yang masih baru tahap membangun yang terletak di beranda teras paling luar negara Republik Indonesia yang juga masuk ke dalam propinsi termuda di Indonesia yang baru-baru ini dimekarkan dalam Rapat Paripurna DPR pada tanggal 25 Oktober 2012 yaitu Propinsi Kalimantan Utara (Kaltara) setelah memutuskan berpisah dari Propinsi Kalimantan Timur (Kaltim) yang terdiri dari sepuluh (10) kabupaten untuk saat ini. Sebagai seorang abdi negara yang harus siap ditugaskan dimana saja oleh negara pasti tahu dan paham betul mengenai keadaan dan kondisi sebenarnya di Nunukan yang masih dalam rangka membangun. Memang, setelah saya telusuri ada perkembangan positif pembangunan di Nunukan saat ini setelah saya melihat dan membaca beberapa dokumen file sejarah terdahulu mengenai pembentukan Propinsi Kalimantan Utara terutama Kabupaten Nunukan sebagai daerah yang terletak paling terluar Indonesia dan berbatasan langsung dengan negara Malaysia. Namanya membangun pasti membutuhkan waktu dan proses ke arah yang lebih baik. 


Suasana pemukiman nelayan di pinggir pantai Pulau Nunukan, Kalimantan Utara
     Obyek wisata Hutan Binusan di Nunukan, Kalimantan Utara

   
           Ada hal yang unik mengenai Nunukan ialah tentang keanekaragaman penduduk di Nunukan yang lebih banyak didominasi oleh suku Bugis, Tidung, Dayak, Toraja, NTT, dan Jawa. Namun penduduk asli yang sudah lama menetap di Pulau Nunukan ialah suku Tidung yang kental dengan nuansa unsur kebudayaan melayu. Arus mobilitas penduduk yang tinggi di Pulau Nunukan, Propinsi Kalimantan Utara seluas 21.450 hektar yang berbatasan langsung dengan negara Malaysia ini sudah berlangsung sejak dekade tahun 1950-an hingga sekarang. Pada awalnya dibuka beberapa perusahaan perkebunan kakao dan karet asal Inggris di Sabah yang membutuhkan ratusan tenaga buruh tani kontrak dari Indonesia terutama Flores dan Sulawesi. Kegiatan ekonomi ini terus berlangsung hingga sampai sekarang yang kemudian berkembang pada beragam sektor industri lainnya seperti perkebunan sawit dan lain-lain di kawasan Malaysia Timur. Kebanyakan para TKI dari Nunukan menggunakan jasa angkutan laut melalui pelabuhan Tunon Taka menuju ke Tawau negara bagian Sabah di Malaysia Timur untuk bekerja baik dari sektor formal maupun informal. 


Model rumah kayu panggung yang biasa ditemui di Nunukan, Kalimantan Utara
            
         Untuk kehidupan di Nunukan memang tidak jauh berbeda dengan suasana kota-kota di Indonesia pada umumnya. Cuma terkadang saya sebagai manusia biasa mengalami homesick syndrom (kerinduan dengan kampung halaman) di Jawa dan itu saya rasa sangat manusiawi. Itulah yang saya rasakan sebagai seorang abdi negara yang harus siap untuk ditempatkan jauh di seluruh Indonesia bahkan luar negeri sekalipun jika memang ditugaskan oleh negara. Untuk fasilitas hiburan atau rekreasi di Nunukan untuk saat ini jika dilihat memang masih sangat terbatas namun cukup diakui jika perdagangan/perniagaan di Nunukan cukup berkembang apalagi letak geografisnya yang bersebelahan langsung dengan negeri jiran Malaysia sehingga memudahkan proses perniagaan di antara kedua negara di kawasan perbatasan ini. Untuk kebudayaan walaupun di Nunukan terdiri dari banyak suku bangsa namun nampaknya akar pengaruh budaya Melayu masih nampak kuat hadir disini dengan banyaknya model rumah kayu panggung khas Melayu yang berdiri megah di Nunukan serta menu kuliner yang tidak berbeda jauh dengan menu khas kuliner yang biasa ditemukan di negara Malaysia semacam roti canai. Untuk wisata di Nunukan yang paling terkenal adalah obyek wisata Hutan Binusan yang menawarkan keindahan alam di bumi Kalimantan Utara yang eksotis, kawasan tanah merah sebagai tempat jual-beli sentral batu akik khas Kalimantan, Pantai Ecing, Tugu perbatasan Indonesia-Malaysia di Pulau Sebatik yang masuk dalam wilayah Kabupaten Nunukan, dan monumen Tugu Dwikora di dekat alun-alun kota untuk mengenang sejarah perjuangan konfrontasi militer Indonesia-Malaysia saat di era zaman Presiden Soekarno tahun 1964.[]

Nur Bintang* adalah seorang pegawai biasa yang kini mengabdi pada salah satu instansi pemerintah yang terletak di Kalimantan Utara perbatasan Indonesia-Malaysia.  

14 komentar:

  1. Wah menarik juga infonya bung Bintang. Klo akik Red Borneo dari Martapura laku nggak ya dibawa ke Nunukan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak Abdi Mahyudi.. hehehe.. batu red boneo sudah banyak pak di Nunukan.. wah hobi batu juga ya ternyata.. hehehe

      Hapus
  2. Wah menarik juga infonya bung Bintang. Klo akik Red Borneo dari Martapura laku nggak ya dibawa ke Nunukan.

    BalasHapus
  3. Trims, informasinya sangat membantu. Pak bisa dibantu informasi, bagaimana cara menyebrang ke tawau dari nunukan dengan membawa rombongan, karna pernah dengar pelayanan imigrasinya kurang ramah. Takut rombongan trauma

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya sama2 pak.. ya kita terus berkoordinasi dengan perwakilan Indonesia di luar negeri khususnya Sabah, Malaysia..

      Hapus
  4. Trims, informasinya sangat membantu. Pak bisa dibantu informasi, bagaimana cara menyebrang ke tawau dari nunukan dengan membawa rombongan, karna pernah dengar pelayanan imigrasinya kurang ramah. Takut rombongan trauma

    BalasHapus
  5. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua,
    Sengaja ingin menulis sedikit kesaksian untuk berbagi,
    barangkali ada teman-teman yang sedang kesulitan masalah keuangan
    Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa Tumbal karena
    usaha saya bangkrut dan saya menanggung
    hutang sebesar 750juta saya sters hamper bunuh diri tidak tau harus bagaimana
    agar bisa melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
    dengan kyai ronggo, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari saya
    berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI RONGGO KUSUMO kata
    Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan penarikan uang gaib
    3Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti dan hanya 1 hari
    Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 3M yang saya minta benar benar ada
    di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya buat modal usaha. sekarang
    rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada. Maka dari itu, setiap kali ada teman
    saya yang mengeluhkan nasibnya, saya sering menyarankan untuk menghubungi kyai
    ronggo kusumo di 082349356043 situsnya www.ronggo-kusumo.blogspot.com agar di
    berikan arahan. Toh tidak langsung datang ke jawa timur, saya sendiri dulu
    hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sama baik, jika ingin
    seperti saya coba hubungi kyai ronggo kusumo pasti akan di bantu

    BalasHapus
  6. Terima kasih untuk share nya, sangat menarik. Bikin penasaran dgn tanah indonesia di barisan terluar. Insyallah akan travel kesana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya sama2 mas.. terima kasih sudah berkunjung ke blog saya.. iya kita saling berbagi informasi... masyarakat Indonesia terutama di Jakarta harus tahu kondisi perbatasan terluar Indonesia yang berbatasan langsung dengan negara tetangga... :)

      Hapus
  7. Terima kasih untuk share nya, sangat menarik. Bikin penasaran dgn tanah indonesia di barisan terluar. Insyallah akan travel kesana.

    BalasHapus
  8. saya AHMAD SANI posisi sekarang di malaysia
    bekerja sebagai BURU BANGUNAN gaji tidak seberapa
    setiap gajian selalu mengirimkan orang tua
    sebenarnya pengen pulang tapi gak punya uang
    sempat saya putus asah dan secara kebetulan
    saya buka FB ada seseorng berkomentar
    tentang AKI NAWE katanya perna di bantu
    melalui jalan togel saya coba2 menghubungi
    karna di malaysia ada pemasangan
    jadi saya memberanikan diri karna sudah bingun
    saya minta angka sama AKI NAWE
    angka yang di berikan 6D TOTO tembus 100%
    terima kasih banyak AKI
    kemarin saya bingun syukur sekarang sudah senang
    rencana bulan depan mau pulang untuk buka usaha
    bagi penggemar togel ingin merasakan kemenangan
    terutama yang punya masalah hutang lama belum lunas
    jangan putus asah HUBUNGI AKI NAWE 085-218-379-259
    tak ada salahnya anda coba
    karna prediksi AKI tidak perna meleset
    saya jamin AKI NAWE tidak akan mengecewakan










    BalasHapus
  9. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang kesulitan masalah keuangan,SAYA IBU DEWI, sekeluarga mengucapkan banyak terimakasih kepada AKI JOYO MALIK atas bantuannya saya menang togel yang ke 3x nya ,pekerjaan saya sehari-harinya cuma seorang pengepul barang bekas apalagi saya seorang janda,,yang pendapatannya tidak seberapa,buat biaya anak sekolah aja tidak cukup apalagi untuk mencukupi kebutuhan hidup keluarga sehari-harinya….pada su atu hari saya tidak sengaja mendengar pembicaraan teman saya mengenai angka ritual/ghoib AKI JOYO MALIK yang katanya bisa mengeluarkan angka sgp/hk yang di jamin tembus,akhirnya saya bertanya dan teman saya memberikan nomor AKI JOYO MALIK dan saya pun menghubunginya..?? Berkat bantuan AKI yang telah memberikan angka “GHOIB” nya 4D dan alhamdulillah itu ternyata terbukti. lagi…sekarang anak saya bisa lanjut sekolah lagi itu semua atas berkat bantuan AKI JOYO MALIK bagi anda yang penggemar togel ingin meruban nasib melalui angka2 goib yang di jamin 100% kemenangan hbg AKI JOYO MALIK di nmr;_ 085-211-977-346,ini bukti nyata bukan rekayasa,mana ada kemenangan tanpa keberanian dan kejujuran,saatnya kita perlu bukti bukan sekedar janji2,hanya AKI JOYO MALIK yang bisa menjamin 100% kesuksesan,anda perlu bukti siahkan HBG/SMS AKI JOYO MALIK nya,terima kasih ROMNYA















    INGAT…!!! JANGAN SIA-SIAKAN KESEMPATAN YANG ADA SEBAB

    KESEMPATAN TIDAK MUNGKIN DATANG KE 2 KALINYA………..


    BalasHapus
  10. Assalamu alaikum warohmatullahi wabarakatu.
    Saya ingin berbagi cerita siapa tau bermanfaat kepada anda bahwa saya ini seorang TKI dari johor bahru (malaysia) dan secara tidak sengaja saya buka internet dan saya melihat komentar bpk hilary joseph yg dari hongkong tentan MBAH WIRANG yg telah membantu dia menjadi sukses dan akhirnya saya juga mencoba menghubungi beliau dan alhamdulillah beliau mau membantu saya untuk memberikan nomer toto 6D dr hasil ritual beliau. dan alhamdulillah itu betul-betul terbukti tembus dan menang RM.457.000 Ringgit selama 3X putaran beliau membantu saya dan beliau juga membantu untuk melariskan usaha/dagangan saya, saya tidak menyanka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan ini semua berkat bantuan MBAH WIRANG,saya yang dulunya bukan siapa-siapa bahkan saya juga selalu dihina orang dan alhamdulillah kini sekarang saya sudah punya segalanya,itu semua atas bantuan beliau.Saya sangat berterimakasih banyak kepada MBAH WIRANG atas bantuan nomer togel Nya. Bagi anda yg butuh nomer togel mulai (3D/4D/5D/6D) atau anda yg punya usaha ingin melancarkan usaha anda jangan ragu atau maluh segera hubungi MBAH WIRANG di hendpone (+6282346667564) & (082346667564) insya allah beliau akan membantu anda seperti saya...





    BalasHapus
  11. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua,
    Sengaja ingin menulis sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang kesulitan masalah keuangan
    Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar 800juta saya stres hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu dengan ki sholeh pati, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KI SHOLEH PATI kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan penarikan uang gaib 5Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada. Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya sering menyarankan untuk menghubungi KI SHOLEH PATI di 0852-1905-3025 situsnya www.PESUGIHANISLAMI.ye.vc agar di berikan arahan. Toh tidak langsung datang ke jawa timur, saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sama baik, jika ingin seperti saya coba hubungi KI SHOLEH PATI pasti akan di bantu


    BalasHapus