Artikel

Rabu, 21 Mei 2014

"KERJA SAMA KUNCI KEMENANGAN TIM"


Oleh: Nur Bintang*

"Satu profesor dari Amerika dapat mengalahkan satu profesor dari Jepang
namun tiga profesor dari Jepang dapat mengalahkan satu profesor dari Amerika"
(Anekdot dari Budayawan Indonesia, Emha Ainun Nadjib)


Nasehat untuk diriku sendiri...

Kekuatan tim dalam melakukan suatu bentuk kerja sama dalam melaksanakan suatu pekerjaan adalah suatu hal yang sangat penting. Kerja sama dalam sebuah tim sangat menentukan jalannya kesuksesan dari sebuah organisasi. Setiap anggota tim bekerja sesuai dengan tugas dan fungsi pokoknya masing-masing sehingga dapat membentuk sebuah mekanisme sistem yang sangat kokoh.

Sama halnya seperti organisme dalam tubuh manusia dimana kita bergerak berdasarkan perintah dari otak melalui sel-sel syaraf sehingga dapat menggerakkan tangan, badan, dan kaki sesuai keinginan kita. Begitu juga dalam kehidupan organisasi dimana setiap tim saling bekerja sama menjalankan masing-masing tugasnya untuk meraih tujuan bersama. Pemimpin organisasi bertindak selayaknya sebagai kapten dalam sebuah tim sepak bola yang bertugas mengatur pola jalannya permainan sedangkan anggota yang lain menjalankan peran dan fungsinya dengan baik sebagai pemain mulai dari gelandang, bek hingga kiper yang semuanya bertujuan satu yaitu memasukkan tendangan goal ke gawang lawan.

Sangat penting untuk berhasil meraih tujuan yang sudah ditetapkan dalam sebuah organisasi. Untuk meraih goal atau tujuan bersama tersebut maka setidaknya anda dapat melakukan beberapa tahap langkah sebagai berikut.
1.      Membuat rencana kerja
2.      Memiliki ambisi yang siap untuk diwujudkan
3.      Jadilah diri sendiri
4.      Saling mendukung satu sama lain
5.      Siap bergerak untuk melakukan perbaikan
6.      Keberhasilan anda adalah kemenangan tim

Beberapa tahap-tahap langkah di atas setidaknya dapat menjadi batu pijakan anda dalam melakukan kerja sama untuk meraih kemenangan dan kesuksesan bersama tim anda. Setidaknya jangan pernah anda merasa bekerja sendiri atau merasa paling berjasa. Dalam sebuah tim kemenangan yang anda raih adalah wujud hasil kerja keras semua anggota tim tanpa terkecuali. Lupakan diri anda yang telah menjadi seorang ‘jenderal bintang’ karena memiliki pengaruh besar dalam sebuah tim karena yang dibutuhkan dalam sebuat tim yang hebat adalah para anggota yang memiliki rasa solidaritas untuk saling menghormati, saling membantu, saling memahami dan bertanggung jawab mewujudkan rencana kerja yang sudah ditetapkan bersama.[]

*Nur Bintang adalah seorang pengamat sosial dan budaya.


1 komentar:

  1. Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Rosnida zainab asal Kalimantan Timur, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil, dan disini daerah tempat saya mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali, bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya, anda bisa Hubungi Bpk Drs Tauhid SH Msi No Hp 0853-1144-2258. siapa tau beliau masih bisa membantu anda, Wassalamu Alaikum Wr Wr ..

    BalasHapus