Artikel

Kamis, 07 Mei 2015

"Alhamdulillah, Akhirnya Saya Lulus Tes CPNS!!!"



Oleh: Nur Bintang*


https://encrypted-tbn1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSFNeZndJphCJauvlzps9nUVeej-ttOQOG5nE0LbFGW0ikBiQKj

Pada bulan September tahun 2014 yang lalu, saya masih merantau bekerja pada sebuah lembaga pendidikan swasta yang cukup berkembang di Jakarta setelah memutuskan resign dari tempat kerjaan yang lama sebagai editor buku di salah satu perusahaan penerbitan nasional di Jakarta. Lembaga pendidikan swasta di Jakarta, tempat saya bekerja dahulu ini membuka cabang sekolah unit baru di Bandung. Kota Bandung yang biasa dikenal sebagai “Parijs van Java” ini memiliki cuaca dan udara yang masih sangat asri dan sejuk apalagi pada saat saya hendak mandi pagi.. bbrrrr… saya cukup marasakan kedinginan. Air di Bandung ini ternyata cukup sejuk dan dingin dibandingkan saat saya berada di Jakarta. 

Dari kantor pusat di Jakarta saya ditugaskan menjadi ‘pembina’ regional wilayah Jawa Barat yang dimulai start awal dari Kota Bandung. Walaupun secara garis besar pekerjaan saya ini tidaklah jauh berbeda ketika sewaktu saya dahulu berada di kantor pusat di Jakarta dengan seperti biasa berjalan menyusuri jalan-jalan kecil di sudut-sudut kota Jakarta untuk menawarkan produk jasa pendidikan. Semua wilayah Jakarta bahkan sudah saya jelajahi ketika saya ditugaskan menjadi “Management Trainee“ hingga sampai akhirnya saya ditugaskan di tempat yang baru di Kota Bandung.

Pahit-manis sudah saya rasakan ketika baru membuka sekolah unit baru di Kota Bandung saat pengenalan produk jasa layanan pendidikan ke masyarakat diselingi tugas mencari SDM untuk mengisi lowongan kerja guru pengajar di sekolah unit baru kami, mencari murid-murid dengan cara berkenalan dengan calon orang tua murid dari rumah ke rumah. Saya juga merapikan administrasi kantor, memonitor permainan kelas, mengecek keamanan kelas bahkan terkadang ikut membantu menjadi guru pengajar di dalam kelas, selain itu saya juga ikut melakukan pemasaran menyebarkan brosur untuk menarik murid-murid bersekolah di sekolah unit baru kami dibantu kawan-kawan dari kantor pusat Jakarta walaupun hanya sementara. Harus diakui jika pada akhirnya saya yang lebih sering pergi sendirian mencari calon murid-murid potensial yang ingin bersekolah di unit kami walaupun harus menghadapi cuaca terik panas matahari hingga guyuran air hujan tanpa terasa sudah menjadi santapan makanan sehari-hari saya sebagai bagian dari perjuangan hidup mencari rezeki. 

Puluhan kilometer setiap hari saya jelajahi dengan jalan kaki dari pintu ke pintu dengan peluh keringat dan gaji pas-pasan. Selama bekerja, saya banyak menemui orang-orang dengan beragam karakternya dari sambutan calon orang tua murid yang bersikap sinis, bersikap baik dan terbuka, bahkan ada yang menolak dengan cara acuh serta tidak peduli baik halus maupun kasar. Semua saya jalani dengan ikhlas karena namanya hidup adalah perjuangan. Dari pengalaman ini saya belajar jika ternyata mencari rezeki uang itu tidaklah mudah. Uang tidak turun dari langit tapi harus didapatkan melalui kerja keras. Saya selalu bersyukur kepada Allah SWT karena saya mendapatkan pengalaman pembelajaran hidup yang tidak bisa dinilai oleh materi sekalipun.

Walaupun jabatan di tempat saya kerja dahulu kedengaran sangat keren sebagai ‘pembina’ merangkap ‘kepala unit sekolah’ tapi itu semua hanyalah manis perkataan klise dari sebuah jobdesk. Kalo dilihat dari pekerjaannya sebenarnya sungguh tidaklah mudah. Saya berangkat jam 8 pagi dan baru pulang jam 9 malam bahkan jam 10 malam dan itu saya lakukan dengan berjalan kaki tanpa menggunakan kendaraan pribadi kecuali angkutan umum jika diperlukan dan jika saya merasa lelah maka saya mampir sholat ke mushola atau masjid terdekat kemudian istirahat sejenak. Namanya bekerja di sektor lembaga pendidikan swasta memang harus dituntut deadline target penambahan jumlah murid setiap bulan yang harus dipenuhi. Jika target tidak dipenuhi bisa kena penalti dari bos. Apalagi ini sekolah unit baru harus menerapkan strategi yang bagus untuk menjaring calon murid sebanyak-banyaknya. 

Pada saat saya berjalan berpanas-panasan dan berpeluh keringat di bawah terik sinar matahari melakukan sosialisasi eksternal mengenalkan produk jasa layanan pendidikan ke rumah-rumah ada seorang bapak dari calon orang tua murid yang nampaknya menaruh simpati kepada saya dan menginformasikan kepada saya untuk membuka internet jika pada saat itu ada informasi pembukaan CPNS secara nasional di seluruh Indonesia dari instansi pusat seperti kementerian, badan nasional hingga pemerintahan provinsi dan daerah. Bapak itu juga mengingatkan mengenai umur saya yang masih muda saat itu yaitu 28 tahun dengan latar belakang pendidikan sarjana yang dianggap cukup berpotensi mengikuti tes CPNS secara sportif. Saya masih ingat perkataan bapak dari calon murid saya itu, “Coba ikut daftar saja Mas Bintang yang sesuai dengan jurusan kuliah Mas Bintang, jangan takut atau pesimis kalah bersaing dengan ribuan pendaftar CPNS yang lain niatkan dalam hati bahwa bekerja adalah untuk beribadah kepada Tuhan dengan mencari pekerjaan halal yang lebih baik lagi dari pekerjaan yang ada sekarang agar dapat menafkahi keluargamu kelak serta mengabdi kepada bangsa dan negara. Namanya rezeki itu Allah SWT yang mengatur jika tidak diterima berarti bukan jalan rezekinya dan seandainya bisa diterima berarti itu memang sudah menjadi jalan rezeki Mas Bintang yang penting Mas Bintang mengikuti tes dengan cara-cara jujur dan sportif.”

Setelah  berpikir cukup lama akhirnya pada akhir bulan Agustus 2014, saya memutuskan untuk mengikuti tes dengan cara mendaftar secara online di warnet untuk mendapatkan nomor pendaftaran, menyiapkan berkas-berkas yang harus dikirim ke panitia seleksi nasional CPNS pusat di Jakarta melalui jasa pos sesuai informasi persyaratan yang tertera dari website Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (Kemenpan). Selentingan dan cibiran dari teman-teman bahkan orang-orang terdekat banyak yang mengejek saya jika saya hanya bermimpi saja untuk menjadi seorang CPNS karena untuk menjadi CPNS atau PNS menurut pemahaman mereka bahwa pintar saja tidaklah cukup jika tidak ada uang suap, menjadi PNS harus dari kalangan keluarga kaya dan terhormat atau bahkan anak pejabat tinggi yang memiliki koneksi. Bagi saya, itu hanyalah alasan saja buat orang-orang yang takut kalah dan takut menerima kenyataan jika tidak lulus tes CPNS. Saya yakin, negara ini masih butuh orang-orang bersih yang memiliki ketulusan niat bekerja untuk menjadi seorang abdi negara. Pengalaman saya sendiri sudah delapan kali ikut tes CPNS tidak pernah lolos namun saya tetap optimis dan semangat bahkan tes CPNS tahun 2014 adalah tes yang kesembilan kalinya yang saya ikuti.

Belajar dari pengalaman kakak kandung saya sendiri yang ternyata berhasil lulus murni tes CPNS karena bakat dan potensi yang dimilikinya yaitu kepintaran intelegensi serta hasil analisa psikologi yang baik dari hasil score test yang diranking berdasarkan nilai yang tertinggi secara transparan. Hal ini yang menjadi pemacu dan spirit saya untuk bertekad sekuat tenaga mewujudkan mimpi dan keinginan untuk dapat membanggakan kedua orang tua, membanggakan keluarga saya kelak dengan bekerja menjadi abdi negara suatu saat nanti. Saya berjuang dengan keringat, darah, air mata dan biarlah Tuhan yang menentukan hasil akhirnya yang penting saya berjuang dengan cara-cara jujur dan sportif karena orang tua saya tidak memberikan harta melimpah kepada saya melainkan hanya membekali anaknya ilmu bermanfaat (ijazah) dari bangku sekolah.

Selama hampir tiga bulan, sambil bekerja, saya juga mencari-cari waktu senggang agar dapat belajar menghadapi soal-soal tes CPNS besok dari belajar matematika dasar, dasar-dasar logika, Pancasila, UUD 1945, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris. Walau saya harus berjalan kaki puluhan kilometer setiap hari dengan peluh keringat hingga kaki saya sempat terluka saat bekerja mengenalkan produk layanan jasa pendidikan dan mencari murid-murid baru dari rumah ke rumah namun saya tidak lupa untuk selalu membawa buku-buku soal tes CPNS di dalam tas saya yang saya beli dari sedikit tabungan gaji saya selama bekerja. Jika merasa lelah, saya makan siang terus singgah sejenak untuk sholat ke mushola atau masjid terdekat setelah itu belajar lagi selama sekitar 1 jam membuka buku kumpulan soal-soal tes CPNS dan kemudian beraktivitas kerja kembali. Setelah pulang bekerja maka saya juga sempatkan belajar dan berlatih soal-soal tes CPNS hingga larut malam bahkan tertidur pulas tanpa terasa di atas meja lalu bangun sholat malam terus belajar lagi hingga pagi bahkan terkadang pada hari-hari libur saya lebih fokus untuk belajar mengerjakan soal-soal tes CPNS ketimbang bermain. Perjuangan yang harus dilalui melalui keringat, darah, dan air mata.

Akhirnya pengumuman seleksi administrasi diumumkan jika saya ternyata dinyatakan lolos seleksi administrasi, kemudian berlanjut pada tes tahap 1 yaitu tes kompetensi dasar yang diadakan selama tiga hari dengan jadwal peserta tes yang berbeda dengan materi Pancasila, UUD 1945, matematika dasar, Bahasa Indonesia melalui system online computer atau CAT (Computer Asisted Test) di Jakarta yang hasil tesnya bisa diketahui pada saat itu juga melalui papan score elektronik. Alhamdulillah, saya dinyatakan lolos dengan score sesuai passing grade yang ditentukan oleh panitia nasional seleksi CPNS dan berhasil masuk jajaran ranking tertinggi 10 besar dari ratusan kandidat pelamar pada hari itu dan kemudian berlanjut pada tes tahap 2 yaitu tes kompetensi bidang pada minggu berikutnya di kantor pusat di Jakarta dengan materi Tes Potensi Akademik (TPA) seperti matematika dan dasar-dasar logika yang diadakan oleh OTO BAPPENAS Jakarta. Untuk tes tahap 2 yang terakhir yaitu tes kompetensi bidang khusus bahasa Inggris pada minggu berikutnya yaitu tes TOEFL yang diadakan di Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Indonesia (UI) di Depok, Jawa Barat. Selama mengikuti ujian tes seleksi CPNS ini maka harus memaksa saya untuk bolak-balik antara Bandung dan Jakarta.

Setelah mengikuti serangkaian tes CPNS maka saya hanya bisa pasrah dan berdo’a kepada Allah SWT bahwa semua ketetapan yang nanti terjadi merupakan jalan yang terbaik setelah berusaha. Saya tetap beraktivitas bekerja seperti biasa mengurusi sekolah unit baru di Kota Bandung. Karena sesuatu hal, terjadi  ketidakcocokan antara saya pribadi dengan pihak pengelola manajemen pusat dari sekolah yang saya kelola yaitu unit baru di Bandung mengenai cara penanganan pola pendekatan strategi marketing dan tekanan pekerjaan yang terlalu berlebihan yang ditimpakan kepada diri saya sehingga memaksa saya untuk memutuskan resign dan pulang ke kampung halaman di Kota Purwokerto pada pertengahan bulan Desember tahun 2014.

Cukup sedih keadaan saat itu, saya pulang ke rumah dalam kondisi kabar yang kurang baik seraya masih menunggu kabar hasil pengumuman akhir tes CPNS pusat yang tak kunjung keluar dan hal ini cukup memukul batin kedua orang tua saya yang sudah berjuang membanting tulang menyekolahkan saya namun saya tetap berpikir positif jika Allah SWT selalu mendengar do’a seorang hamba-Nya yang dianiaya. Saya hanya bisa pasrah, berbaik sangka, setelah berusaha dan saya meyakinkan dalam hati, “Pasti ada jalan keluar”. Saat itu saya sudah berpikir bersiap-siap hendak usaha dagang kecil-kecilan walaupun saya tidak memiliki pengalaman dan bakat dalam hal berdagang bahkan ibu saya juga sudah menyiapkan uang agar saya melanjutkan sekolah lagi ke jurusan D1 Perhotelan di Malaysia dengan harapan agar suatu saat kelak saya dapat bekerja di perusahaan internasional kapal pesiar. Keajaiban terjadi, berselang hanya satu hari setelah saya resign dari tempat kerjaan yang lama, ternyataaa…….???

Keesokan harinya, kakak saya yang juga seorang PNS di salah satu instansi pemerintah di Kota Semarang sambil terisak menangis terharu memberi kabar kepada saya melalui telepon jika nama saya tercantum di website salah satu instansi pusat pemerintah di Jakarta sebagai peserta yang berhasil lulus tes seleksi CPNS tahun 2014 dengan score ranking tertinggi urutan tiga besar dan berhasil menyisihkan ratusan kandidat pelamar lain. Saya menangis seketika itu juga lalu kemudian sujud syukur kepada Allah SWT atas limpahan rezeki yang telah diberikan. Selama ini ternyata Allah SWT mendengarkan do’a-do’aku setiap malam. Orang tua, ayah dan terutama ibuku juga ikut menangis terharu mendengar kabar membahagiakan ini. Selang beberapa jam kemudian kawanku yang sama-sama ikut tes seleksi CPNS sewaktu di Jakarta juga memberi kabar via BBM jika dia dan saya ternyata juga berhasil lulus tes CPNS di Jakarta. Saya hanya bisa memanjatkan syukur, “Alhamdulillah..” 

Saya bersama temen-temen yang ditugaskan dinas ke Nunukan, Kalimantan Utara dari BNP2TKI Jakarta

Tugas negara sudah menanti yaitu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Setelah pembekalan CPNS dari kantor pusat di Jakarta sekaligus mendapatkan diklat anti-korupsi dari lembaga KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) pada pertengahan bulan Maret maka tepat pada tanggal 30 Maret 2015 tepat di hari ulang tahun saya yang ke 29 tahun maka saya sudah ditugaskan dinas pada salah satu perwakilan kantor instansi pemerintah di Kalimantan dekat perbatasan Indonesia-Malaysia. Konsekuensi sebagai abdi negara ialah harus bersedia ditempatkan di seluruh Indonesia. Saya bersyukur melalui perjuangan yang sangat panjang dan berliku-liku akhirnya saya bisa membuktikan kepada teman-teman dekat, sanak saudara bahwa lulus tes CPNS itu ialah murni dari hasil perjuangan mengikuti ujian dengan nilai score kelulusan yang diurutkan dari ranking yang tertinggi dan hasil analisa psikologi yang baik. Modal saya melamar CPNS hanya fotokopi ijazah terakhir, stopmap, surat lamaran, dan perangko yang dikirim melalui via pos. Berbaik sangka, tekun, yakin, usaha, dan do’a adalah kunci utamanya. Tetap semua kerja keras ialah 50% USAHA dan 50% DO’A. Semua harus seimbang dalam menggapai mimpi dan cita-cita. Bekerja adalah jalan hidup (way of life) yang ditentukan oleh diri sendiri dan ridho dari Sang Illahi. Alhamdulillah.[]


*Nur Bintang adalah seorang pegawai biasa yang mengabdi pada salah satu instansi pemerintah di Kalimantan dekat perbatasan Indonesia-Malaysia.


OOO

41 komentar:

  1. Terima kasih sudah berbagi cerita kesuksesannya, jadi terharu baca kisah dan perjuangannya yang begitu berat namun, berhasil meraih mimpi. Terima kasih sudah memberikan inspirasi dan motivasi atas kesuksesan yang anda raih. Semoga saya bisa mengkuti jejak anda. Salam kenal ya Mbk Nur Bintang

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya terima kasih mas... terima kasih sudah berkunjung ke blog saya.. :) amiin.. sukses untuk kita bersama..

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Assalamualaikum mohon maaf sebelum'nya kepada admin sedikit saya ingin lewat berbagi cerita bagi teman teman yang percaya lewat postingan ini tentang KISAH SUKSES saya jadi anggota PNS, alhamdulillah berkat bantuan bpk DR.HERMAN M.Si

      DIREKTUR APARATUR SIPIL NEGARA BKN PUSAT JKT, sekarang saya dan kaka saya sudah jadi PNS berkat bantuan beliau, nomor hp bpk Dr Herman 0853-2174-0123

      (KISAH NYATA LULUS PNS DI lingkungan PEMDA JAWA TIMUR )

      Kakak dan Saya 3 Kali Gagal di Seleksi CPNS Membuatku dan Dirinya saling memotivasi dan Akhirnya di tahun 2014 Berhasil

      Sampai sekarang PNS adalah profesi yang sangat diidam-idamkan oleh kebanyakan orang di Indonesia. Terbukti, setiap kali pemerintah membuka pendaftaran CPNS, peserta yang mendaftar selalu membludag.

      Menjadi PNS memang nikmat sekali rasanya. Wajar jika ribuan orang rela berdesak-desakan demi mendapatkan kursi PNS.

      Saya Akan Berbagi Cerita Nyata Dengan teman-teman Semua,.

      Mohon maaf mengganggu waktunya saya cuma bisa menyampaikan melalui KOMENTAR singkat dan semoga bermanfaat..... saya dan Kakak seorang honorer yang baru saja lulus jadi PNS tahun 2014 yang lalu, dan Saya ingin berbagi cerita kepada anda, Bahwa dulunya kami ini cuma seorang Honorer di Salah satu Instansi Pemda di provensi JAWA TIMUR tepatnya KOTA MADIUM dan Kakak Saya di Instansi Pemerintahan di Kantor BUPATI DI JAWA TIMUR, Saya Sudah 8 tahun dan Kakak Saya 10 tahun jadi tenaga honorer belum diangkat jadi PNS, Bahkan saya sudah 3 kali mengikuti ujian, namun hasilnya nol, sayapun sempat putus asah, kemudian teman saya memberikan no tlp Bpk Dr. HERMAN M.si hp: 0853-2174-0123 beliau selaku (Direktur aparatur sipil negara) di BKN pusat Jl. Letjen Sutoyo No. 12 Jakarta Timur 13640 dan saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, dua minggu kemudian saya sudah ada panggilan untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar, dan saya sangat berterimah kasih kepada beliau yang sudah mau membantu saya. itu adalah kisah nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya anda bisa hubungi Bpk Dr. Herman M.si no hp Beliau 0853-2174-0123, siapa tau beliau masih mau membantu anda untuk mewujudkan impian anda menjadi sebuah kenyataan.

      Hapus
    4. KISAH NYATA: IBU DARYUTI DARI TANJUNG PINANG 
      28/04/2018
      Assalamu'Alaikum" Wr'Wb...
      Perkenalkan Nama saya Ibu Daryuti, asal Desa Teluk Bintan,Tanjung Pinang,
      saya menjadi tulang punggung Keluarga sejak suami saya meninggal,
      saya bekerja tanpa lelah untuk menghidupi 4 orang anak sejak di tinggal
      mati sang suami 5 thn yg lalu, sejak itu keputusasaan menghampiri sy,
      dan hampir meninggalkan ke 4 anak saya krn sy sdh tidak sanggup dengan
      kemiskinan yang sy alami dulu. Namun stelah selang beberapa hari datanglah
      tetangga sy dan menceritakan perubahan hidup yang dia alami,
      dia mempunyai banyak uang tanpa harus bekerja keras..
      dan dia bercerita tentang orang yang membantunya bernama KH. ABAH MANZUR
      konon beliu bisa memberikan solusi masalah kemiskinan sperti yg sy alami ini..
      dan dengan tekat yang bulat sy minta nomor KH. ABAH MANZUR 
      ketika sy telpon pak haji, dan menceritakan permasalahan hidup saya.
      dan beliu brsedia membantu sy untuk kluar dari lumbung kemiskinan,
      sy sangat snang skali mendengarnya,, kemudian sy langsung mengiyakan
      segala syarat2 yg di pak haji sampaikan, 2 hari kemudian saya sudah merasakan keajaiban nyata
      terjadi di rumah saya, lemari tua yang ada di pojok kamar saya sudah
      penuh dengan lembaran uang pecahan ratusan ribu sy kaget terus pingsan,
      saat saya sadar uang itu betul2 nyata masih ada dalam lemari, 
      syukur allhamdulillah saya ucapkan..Berkat campur tangan pak haji
      saya sudah punya banyak uang dan tidak akan perna habis sampai
      7 keturunan, Semua ini berkat UANG GAIB, PESUGIHAN PUTIH ISLAMI TANPA TUMBAL.
      Yang diberikan KH. ABAH MANZUR benar2 nyata dan ISLAMI serta tidak musyrik,
      Saya sangat berterima kasih kepada KH. ABAH MANZUR yg sudah bantu saya dan
      jadi member pak haji hingga kini, saya juga berjanji tidak lupa dgn kewajiban
      saya untuk slalu shalat dan menyubang di masjid dan panti asuhan.

      Untuk sanak saudara seiman dan setanah air yang ingin cepat kaya..
      jangan ragu untuk mengikuti ajaran KH. ABAH MANZUR krn ini pesugihan putih
      yang islami. dan persugian KH. ABAH MANZUR. bisa di ikuti semua agama..
      dan anda pasti akan dibantu apapun yang ingin anda minta.
      untuk lebih jelasnya Hubungi Nomor.085-320-489-499
      Atau lihat situsnya di: https://ahlipesugihanislami.blogspot.com/?m=1

      Hapus
    5. Kisah cerita mendapatkan ijazah asli

      ASSALAMUALAIKUM SAYA INGIN BERBAGI CARA SUKSES SAYA NGURUS IJAZAH saya atas nama rany asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah pengurusan ijazah saya yang kemarin hilang mulai dari ijazah SD sampai SMA, tapi alhamdulillah untung saja ada salah satu keluarga saya yang bekerja di salah satu dinas kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau 0823-5240-6469, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya, alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp 0823-5240-6469, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsung selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, dan ternyata juga beliau bisa bantu dengan menu di bawah ini wassalam.....

      1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan :
      – Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja
      – Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll.
      – Drop out takut dimarahin ortu
      – IPK jelek, ingin dibagusin
      – Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja
      – Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain
      – Dll.
      2. PRODUK KAMI
      Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D
      SARJANA (S1, S2)..
      Hampir semua perguruan tinggi kami punya
      data basenya.
      UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA
      UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA
      UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO
      UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
      UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
      UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI
      UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO
      AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA
      UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA
      INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP
      STIE SUKABUMI YAI
      ISTN STIE PERBANAS
      LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA
      STIMIK UKRIDA
      UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA
      UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN
      UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA
      UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM
      UNIVERSITAS SAHID DLL

      3. DATA YANG DI BUTUHKAN
      Persyaratan untuk ijazah :
      1. Nama
      2. Tempat & tgl lahir
      3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke alamat email bpk sutantokemendikbud@gmail.com
      4. IPK yang di inginkan
      5. universitas yang di inginkan
      6. Jurusan yang di inginkan
      7. Tahun kelulusan yang di inginkan
      8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen
      9. Di kirim ke alamat email: sutantokemendikbud@gmail.com berkas akan di tindak lanjuti akan setelah pembayaran 50% masuk
      10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening MANDIRI, BNI, BRI,
      11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE
      4. Biaya – Biaya
      • SD = Rp. 1.500.000
      • SMP = Rp. 2.000.000
      • SMA = Rp. 3.000.000
      • D3 = 6.000.000
      • S1 = 7.500.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
      • S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
      • S3 / Doktoral Rp. 24.000.000
      (kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan)
      • D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000
      (minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4)
      • Pindah jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000

      Hapus
  2. Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Rosnida zainab asal Kalimantan Timur, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil, dan disini daerah tempat saya mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali, bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya, anda bisa Hubungi Bpk Drs Tauhid SH Msi No Hp 0853-1144-2258. siapa tau beliau masih bisa membantu anda, Wassalamu Alaikum Wr Wr ..

    BalasHapus
  3. Selamat malam mas, pengen nanya, kemaren itu dikasi tau ga skor tpa nya berapa untuk lulus? makasih ya

    BalasHapus
  4. Assalamu alaikum warohmatullahi wabarakatu.
    Saya ingin berbagi cerita siapa tau bermanfaat kepada anda bahwa saya ini seorang TKI dari johor bahru (malaysia) dan secara tidak sengaja saya buka internet dan saya melihat komentar bpk hilary joseph yg dari hongkong tentan MBAH WIRANG yg telah membantu dia menjadi sukses dan akhirnya saya juga mencoba menghubungi beliau dan alhamdulillah beliau mau membantu saya untuk memberikan nomer toto 6D dr hasil ritual beliau. dan alhamdulillah itu betul-betul terbukti tembus dan menang RM.457.000 Ringgit selama 3X putaran beliau membantu saya dan beliau juga membantu untuk melariskan usaha/dagangan saya, saya tidak menyanka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan ini semua berkat bantuan MBAH WIRANG,saya yang dulunya bukan siapa-siapa bahkan saya juga selalu dihina orang dan alhamdulillah kini sekarang saya sudah punya segalanya,itu semua atas bantuan beliau.Saya sangat berterimakasih banyak kepada MBAH WIRANG atas bantuan nomer togel Nya. Bagi anda yg butuh nomer togel mulai (3D/4D/5D/6D) atau anda yg punya usaha ingin melancarkan usaha anda jangan ragu atau maluh segera hubungi MBAH WIRANG di hendpone (+6282346667564) & (082346667564) insya allah beliau akan membantu anda seperti saya...





    BalasHapus
  5. assalamualaikum mas selamat siang.
    saya ingin tanya mengenai persiapan tips buat test cpns.
    saya ingin tau metode belajar yang mas gunakan. apakah belajar secara mandiri atau ikut bimbel mas?

    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo mbak menyimak ceritanya. Kan dia bilang di sela sela bekerja belajarnya, artinya dia belajar mandiri mbak

      Hapus
    2. Kalo mbak menyimak ceritanya. Kan dia bilang di sela sela bekerja belajarnya, artinya dia belajar mandiri mbak

      Hapus
  6. inspiratif banget Mas Bintang

    BalasHapus
  7. wah saya bacanya sampai meneteskan air mata.. semoga saya bisa kayak pak bintang llos tes cpns. aminn

    BalasHapus
  8. untuk psikotes lanjutan dan tkb , soal apa saja yang keluar mas bintang. Apa seperti psikotes warteg tes, dll. untuk tkb , apakah soal2 yang keluar sesuai bidang kita?

    BalasHapus
  9. untuk psikotes lanjutan dan tkb , soal apa saja yang keluar mas bintang. Apa seperti psikotes warteg tes, dll. untuk tkb , apakah soal2 yang keluar sesuai bidang kita?

    BalasHapus
  10. untuk psikotes lanjutan dan tkb , soal apa saja yang keluar mas bintang. Apa seperti psikotes warteg tes, dll. untuk tkb , apakah soal2 yang keluar sesuai bidang kita?

    BalasHapus
  11. untuk psikotes lanjutan dan tkb , soal apa saja yang keluar mas bintang. Apa seperti psikotes warteg tes, dll. untuk tkb , apakah soal2 yang keluar sesuai bidang kita?

    BalasHapus
  12. saya jg lg byk tekanan dan pgn resign sembari enunggu pengumuman cpns smoga ada jalan

    BalasHapus
  13. AIDU TAUHID SE.M.Si
    DIREKTUR PENGADAAN DAN KEPANGKATAN PNS BKN PUSAT JKT.
    hp: 0852-160-777-09
    ( KISAH NYATA LULUS PNS DI lingkungan KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM ) Saudarah Kakak Saya 3 Kali Gagal di Seleksi CPNS Membuatku dan Dirinya saling memotivasi dan Akhirnya di tahun 2014 Berhasil
    Sampai sekarang PNS adalah profesi yang sangat diidam-idamkan oleh kebanyakan orang di Indonesia. Terbukti, setiap kali pemerintah membuka pendaftaran CPNS, peserta yang mendaftar selalu membludag.
    Menjadi PNS memang nikmat sekali rasanya. Wajar jika ribuan orang rela berdesak-desakan demi mendapatkan kursi PNS.
    Saya Akan Berbagi Cerita Nyata Dengan teman-teman Semua,.
    Mohon maaf mengganggu waktunya saya cuma bisa menyampaikan melalui KOMENTAR singkat dan semoga bermanfaat..... saya dan Kakak seorang honorer yang baru saja lulus jadi PNS tahun 2014 yang lalu, dan Saya ingin berbagi cerita kepada anda, Bahwa dulunya kami ini cuma seorang Honorer di Salah satu Instansi Pendidikan di SD di provensi JAWA TIMUR tepatnya KOTA MADIUM dan Kakak Saya di Instansi Pemerintahan di Kantor BUPATI DI JAWA TIMUR, Saya Sudah 8 tahun dan Kakak Saya 10 tahun jadi tenaga honorer belum diangkat jadi PNS, Bahkan saya sudah 3 kali mengikuti ujian, namun hasilnya nol, sayapun sempat putus asah, kemudian teman saya memberikan no tlp Bpk Drs. AIDU TAUHID, Msi beliau selaku (Direktur pengadaan Dan Kepangkatan PNS) di BKN pusat Jl. Letjen Sutoyo No. 12 Jakarta Timur 13640 dan saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, dua minggu kemudian saya sudah ada panggilan untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih kepada beliau yang sudah mau membantu saya. itu adalah kisa nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya anda bisa,Hubungi Bpk Drs. AIDU TAUHID, Msi no Handphone Beliau (0852-160-777-09),siapa tau beliau masih mau membantu anda untuk mewujudkan impian anda menjadi sebuah kenyataan.
    Sedikit Tambahan Bahwa tanggal 02 Desember 2015 kemarin saya melakukan komunikasi kepada beliau untuk bisa meluluskan adik saya sebagai CPNS ke PNS.
    -Terimakasih kpada Orang Tua, Saudara-saudaraku; Selalu mensupport aku
    -Terimakasih untuk khususnya ( Direktur pengadaan PNS BKN) Bpk Drs. AIDU TAUHID, Msi beliau selaku petinggi BKN PUSAT, dialah yang membantu kelulusan saya selama ini,alhamdulillah SK saya tahun ini bisa keluar.
    Salam & Terimakasih

    BalasHapus
  14. usaha tidak menghianati hasil, tks sharingnya dan sangat mengispirasi.

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  16. Cerita yang sangat inspiratif mas. Ijinkan saya mempromosikan blog saya. Terimakasih.

    Ingin tahu berita bola,live scores, dan trabsfer pemain? Silahkan kunjungi sebatasbola.blogspot.co.id

    BalasHapus
  17. Terimakasih sharingnya Mas Bintang. Terharu sy membaca cerita anda. Doakan kami jga Ya yg pernah gagal lolos seleksi, smoga bisa lulus Di seleksi cpns selanjutnya spt Mas Bintang. Aamiin

    BalasHapus
  18. Terimakasih sharingnya Mas Bintang. Terharu sy membaca cerita anda. Doakan kami jga Ya yg pernah gagal lolos seleksi, smoga bisa lulus Di seleksi cpns selanjutnya spt Mas Bintang. Aamiin

    BalasHapus
  19. Inspiratif bgt mas .....
    Semoga mnjadi abdi negara yg bersih
    mengayomi masyarakat

    BalasHapus
  20. Boleh tau buku test CPNS yang direkomendasikan? Makasih

    BalasHapus
  21. Terima kasih atas cerita insprirasinya..ada email mas???

    BalasHapus
  22. ,,.,KISAH NYATA ,
    Aslamu alaikum wr wb..Allahu Akbar, Allahu akbar, Allahu akbar
    Bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki, namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang, hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua Yang saya punya, akhirnya saya menaggung utang ke pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 800 juta , saya stress dan hampir bunuh diri anak saya 2 orng masih sekolah di SMP dan SMA, istri saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anak anaknya ditengah tagihan utang yg menumpuk, demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue, ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman dan bercerita kepadanya, Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya, dulu katanya dia juga seperti saya stelah bergabung dengan KYAI HARRY. hidupnya kembali sukses, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berfikir dan melihat langsung hasilnya, saya akhirnya bergabung dan menghubungi AKI .di NO WA 082293336228. Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah Demi AllAH dan anak saya, akhirnya ( 2M ) yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kini saya kembali sukses terimaksih KYAI HARRY saya tidak akan melupakan jasa AKI JIKA TEMAN TEMAN BERMINAT BANTUAN BELIAU MELALUI PESUGIHAN INI, YAKIN DAN PERCAYA INSYA ALLAH, SAYA SUDAH BUKTIKAN DEMI ALLAH SILAHKAN HUBUNGI NYAII DI WA 082293336228. (AMAN TANPA TUMBAL)
    Yang Sebarin Postingan Ini,Kami Semua Adalah Pelanggan KYAI HARRY 082293336228 ,Terimah Kasih.

    BalasHapus
  23. Persyaratan dokumennya apa aja dulu mas? Ada sertifikat TOEFL nggak? Dan itu harus dilengkapin ketika pendaftaran atau boleh pas pemberkasan? Tolong jawab ya mas 🙏

    BalasHapus
  24. Kisah yang sangat inspiratif.Usaha memang idak akan membohongi hasil.
    Terimakasih telah berbagi kisah:)

    BalasHapus
  25. Mas, klo sudah ditugaskan keluar daerah, apakah bisa nanti minta ditugaskan ke daerah sendiri?

    BalasHapus
  26. SANGAT MEMOTIVASI KAMI YANG BERHARAP JADI ASN MAS BINTANG, TERIMA KASIH BANYAK SUDAH BERBAGI PENGALAMANNYA DI SINI :)

    BalasHapus
  27. Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Rany asal Kalimantan Timur, saya ingin mempublikasikan

    KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan untuk keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil, dan disini daerah tempat saya mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali, bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau yang sudah mau membantu saya, ini lah kisah nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya, anda bisa Hubungi Bpk Drs nanang subandiyang sekarang menjabat sebagai kepala biro umum di BKN pusat No Hp beliau..,siapa tau beliau masih bisa membantu anda, Wassalamu Alaikum Wr Wr ..

    BalasHapus