Artikel

Selasa, 29 April 2014

"INNER BEAUTY"



Oleh: Nur Bintang


Definisi cantik yang dirasakan oleh setiap manusia pasti akan berbeda-beda. Selama ini kita selalu disesatkan oleh berbagai iklan produk kecantikan televisi yang mengatakan jika makna cantik atau tampan adalah identik dengan kulit putih, hidung mancung, tubuh tinggi, berdarah campur indo-eropa dan berbagai atribut fisik lainnya. Cantik atau tampan sebenarnya bukanlah berasal dari fisik semata namun berasal dari cara sikap positif Anda untuk dapat menerima kelebihan dan kekurangan diri sendiri. Pengadaan event-event seperti Putri Indonesia, Miss World, atau Miss Universe sebenarnya sangat baik dalam mendidik masyarakat dari sudut pandang sosiologis ketika memahami dan memaknai definisi “cantik” secara lebih proporsional dan bermartabat.


Jangan jadikan cantik atau tampan sebagai wujud budaya populer menurut atribut fisik semata tetapi jadikanlah perilaku yang baik sebagai wujud budaya cantik secara non-fisik. Budaya itu adalah keluhuran dan kebaikan. Jadi, segala sesuatu yang menyebabkan perilaku tidak baik seperti kesombongan merasa diri sebagai orang yang paling cantik atau tampan mirip artis atau aktor terkenal bukanlah wujud dari sebuah eksistensi budaya. Cantik atau tampan dari diri sendiri sebenarnya dapat terpancar dari aura cara berpikir (intelektualitas) dan cara berperilaku Anda. Setiap perilaku yang baik dengan dilandasi niat yang baik pasti akan memancarkan sisi ‘inner beauty’ yang kuat dari diri Anda. Jadi berhentilah untuk selalu membandingkan diri sendiri dengan orang lain yang dianggap lebih beruntung. Tuhan itu Maha Adil karena menciptakan manusia secara sempurna sesuai ketetapan yang menjadi kehendak-Nya.


Ingat! Orang lain akan menghormati dan menghargai Anda jika Anda mampu menghargai diri sendiri secara positif. Jangan suka mengeluh dihadapan orang lain, menganggap Tuhan tidak adil, atau bahkan menyakiti orang lain. Pikiran negatif itu sangat berbahaya, merusak dan cenderung menular. Pikiran negatif  dapat membunuh karakter setiap orang yang ditemuinya tanpa kecuali. Dari sini Anda akan belajar jika ‘inner beauty’ itu berasal dari kekuatan pikiran positif Anda terhadap kekurangan dan kelebihan yang anda miliki sendiri.


Inner beauty dari dalam sebenarnya melebihi dari kecantikan luar fisik semata. Belajarlah menghargai orang lain. Ini kelihatannya mudah tapi sangat sulit untuk dilakukan. Tidak ada salahnya anda memberikan pujian yang layak terhadap suatu hal yang menurut Anda itu baik kepada orang lain. Menghargai orang lain sama halnya seperti bagaimana cara Anda untuk menghargai diri sendiri. Hal tersebut menunjukkan sisi ‘inner beauty’ yang terdalam dari diri Anda.


Jadi inner beauty sangat berhubungan dengan cara berpikir positif Anda untuk melakukan suatu hal yang baik berdasarkan landasan niat yang baik. Inner beauty sebenarnya lebih menjurus terhadap kecerdasan intelegensi, emosional dan spiritual Anda. Jadi terlalu dangkal jika memaknai dan menilai cantik atau tampan dari atribut fisik semata. Inner beauty bukan sekedar sudut pandang atau kacamata perspektif menurut selera Anda tetapi bagaimana cara Anda berbuat dan menyebarkan makna kebaikan terhadap sesama. Kuatkan ‘inner beauty’ Anda dengan terus berpikir positif dengan melakukan kebaikan. Hal ini mungkin senada dengan ucapan filsuf Rene Descartes yang dapat menjadi bahan renungan Anda, “Aku berpikir maka aku ada![]

 *Nur Bintang adalah pengamat sosial dan budaya.


1 komentar:

  1. Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Rosnida zainab asal Kalimantan Timur, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil, dan disini daerah tempat saya mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali, bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya, anda bisa Hubungi Bpk Drs Tauhid SH Msi No Hp 0853-1144-2258. siapa tau beliau masih bisa membantu anda, Wassalamu Alaikum Wr Wr ..

    BalasHapus